Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Kamis, 29 Maret 2012

Workshop Penelitian di UNIBA


Pada hari Selasa, tanggal 6 Maret  2012 telah dilaksanakan kegiatan Wokshop Penelitian dan Pengabdian masyarakat tahun 2012 oleh LP3M UNIBA Surakarta. Kegiatan workshop menghadirkan narasumber Bapak. Ir. Sumardi, M.Sc (dari Universitas Soegiopranoto Semarang). Menurut Ketua LPM UNIBA Surakarta Bapak. Pramono Hadi, SP, M.Si bahwa kegiatan workshop ini dilaksakan untuk memberikan pembekalan kepada dosen dilingkungan UNIBA Surakarta dalam rangka menyusun proposal hibah kompetisi penelitian dan pengabdian dari ditjen dikti. Melalui workshop juga diharapkan dosen mendapatkan pendekatan-pendekatan keilmuan kekinian sehingga memberikan peningkatan mutu dan kualitas dosen dilingkungan UNIBA Surakarta.
Dalam sambutannya Rektor UNIBA, Ibu Prof. Dr.H. Endang Siti Rahayu, MS, menyampaikan bahwa Berbahagia sekali rasanya hadir dalam acara tersebut. Bahwa akan aktifitas dosen akan ditentukan oleh implementasi  tugas utama dosen yakni tri darma perguruan tinggi. Untuk itu peserta dimohon serius dan antusias dalam penelitian.  Melalui workshop ini diharapkan mampu  meningkatkan partisipasi dosen dalam menyusun proposal penelitian, kedepan diharapkan juga dosen UNIBA juga ada yang diterima dalam jurnal terakreditasi atau bahkan internasional. Penelitian menambah pengetahuan, pengalaman dan yang paling penting kita harus membaca dan itu artinya kita belajar sehingga sekaligus meningkatkan kompetensinya.
Ir. Sumardi, M.Sc dalam diskusi menyampaikan antara lain bahwa dosen memiliki kewajiban untuk melakukan upaya  Peningkatan kapasitas intelektual para dosen; yakni 1).  Peningkatan kualitas bahan ajar, 2). Penerapan IPTEKS dalam rangka modernisasi/ madanisasi masyarakat dan 3). Peningkatan HAKI dan Artikel/Publikasi ilmiah. Disatu sisi DP2M Dikti senantiasa Mendorong dan menfasilitasi kegiatan penelitian  dan Pengembangan (research and development)  di perguruan Tinggi  guna meningkatkan  kualitas pendidikan tinggi, Daya saing bangsa ( nation competitiveness), otonomi Perguruan tinggi  dan kesehatan organisasi. Perkembangan hibah penelitian menuju pendekatan desentralisasi dimana perguruan tinggi bertanggung jawab penuh mulai dari perencanaan program kegiatan penelitian, pengelolaan program, dan mempertanggung- jawabkan hasil pelaksanaannya. Namun demikian bagi PTS yang belum mampu masih masih dalam kategori PTS Binaan. (Sri Hartanto/UNIBA News) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar