Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Minggu, 01 Juli 2012

WORKSHOP PENGELOLAAN JURNAL ELEKTRONIK



Pada hari Sabtu, 12 Mei 2012 bertempat di Kampus UNIBA Surakarta, telah diselenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Humas bekerjasama LP3M  UNIBA tersebut menghadirkan narasumber Drs. Sumarno, M.Si dan Andi Supriyadi, S.Kom dari Kopertis Wilayah VI  Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua LP3M, Bapak. Pramono Hadi, SP, M.Si menyampaikan bahwa salah satu komitmen perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan adalah dengan kesediaan PT untuk mengelola jurnal ilmiah dan mengunggah karya ilmiah ke web portal jurnal. Publikasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di era saat ini yang paling sesuai adalah publikasi berbasis Teknologi Informasi, yakni melalui e-jurnal dan atau portal resmi seperti Portal Garuda Dikti.

Drs. Sumarno, M.Si menjelaskan bahwa kebutuhan portal web perguruan tinggi setidaknya meliputi dua aspek utama, yakni web portal untuk pengelolaan jurnal ilmiah dan digital library untuk pengelolaan karya ilmiah mahasiswa dan dosen di lingkungan PT.  Saat ini setiap PT diharapkan dan dorong untuk mengembangkan portal jurnal elektronik dan memanfaatkannya untuk kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa.
Kebutuhan dosen untuk mengunggah jurnal, artikel, dan hasil penelitian serta pengabdiannya bukan hanya semata-mata untuk kepentingan naik pangkat, serdos dan BKD, namun lebih penting lagi bahwa karya dosen tersebut menunjukan tingkat kepakaran dan kecendekiawanan dosen tersebut yang ditunjukan melalui produk-produk  yang bisa diakses oleh masyarakat luas, sehingga akan memberikan bukti kepada masyarakat akan kompetensi dan mutu dosen, yang akan memberikan dampak pada mutu perguruan tinggi tempat dosen bernaung. PT juga harus mempersiapkan sarana pendukung baik web, digital library bagi mahasiswa, dosen dan stakeholder terkait. Kesiapan ini menunjukan kesiapan PT untuk bersaing dan menumbuhkan daya saing di internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar