Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Minggu, 03 Maret 2013

Kunjungan PERHEPI Ke Kawasan Industri Kreatif UNIBA dan Kompoeng Batik Laweyan Surakarta



Kota Solo memang merupakan salah satu pusat pengembangan industri kreatif bidang perbatikan di Indonesia. Di sini banyak sekali terdapat sentra kain batik, salah satunya di kawasan Kampung Batik Laweyan. Batik sebagai salah satu produk kota dan telah menjadi Icon kota Solo. Batik yang merupakan salah sektor yang menjadi pusat perhatian dari industri kreatif, UNIBA dan  Forum Pengembangan Kampung Batik Lawean (FKBL) telah lama menjalin kerjasama antara untuk mengembangkan  batik.
Jumat 25 Januari 2013 bertempat di Ruang Seminar UNIBA Surakarta, Rektor UNIBA Ibu Prof. Dr.Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS didampingi Ketua Yapertib Surakarta Bapak. Ir. H. Solichul Hadi, M.Erg, dan Ketua FKBl Surakarta Bapak. Ir. Alfa Fabela, MT menerima kunjungan lebih kurang 100 orang anggota dan Pengurus PERHEPI se-Indonesia di Kawasan Industri Kreatif Kampung Batik Laweyan dan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta.  kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan kerjsama PERHEPI, FP UNS, HIPMI Surakarta dan UNIBA Surakarta. 

Kegiatan ini meliputi kunjungan ekonomi kreatif di Kawasan Industri Kreatif Kampung Batik Laweyan dan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, kunjungan ke sentra produksi jamu di Nguter Sukoharjo, Kegiatan Rapat Kerja tahunan PERHEPI dan Pelantikan Pengurus PERHEPI Komda Surakarta di Hotel Sahid Raya Surakarta. Puncak acara adalah diselenggarakanya kegiatan Seminar Nasional dengan tema ”Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komoditas Pertanian di Indonesia“ Pada hari Sabtu, 26 Januari 2013, pukul  08.00 – 17.00 bertempat Aula Fakultas Pertanian UNS Kentingan Surakarta. Kunjungan dari Perhepi ini diharapkan dapat dipaparkan konsep kerjasama antara UNIBA dengan FKBL untuk mengembangkan program dan menyusun proposal ke Kementrian perdagangan RI.
Rektor UNIBA dalam sambutannya menyatakan bahwa UNIBA Surakarta sangat konsen dengan pengembangan ekonomi kreatif, khususnya dalam bidang perbatikan, dan akan mengembangkan kegiatan yang menyelaraskan antara pendidikan dan pelatihan perbatikan antara UNIBA dengan FKBL, sehingga masyarakat bisa belajar lebih banyak mengenai perbatikan dan budaya adi luhung bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar