Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Rabu, 14 Januari 2015

Kuliah Dosen Tamu FP UNIBA



Sabtu, 22 November 2014 Fakultas Pertanian Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan kuliah dosen tamu pada mata kuliah Teknologi Budidaya Tanaman Sayur dan Tanaman Hias. Pada kesempatan ini Fakultas Pertanian Menggundang Ibu Dwi Lestari Puji Astuti, Amd dari ASPAKUSA (Asosiasi Asparagus Kucai dan Sayuran) MAKMUR BOYOLALI.
Dalam perkuliahan kali ini mahasiswa mendapatkan pencerahan baru dalam bidang budidaya tanaman sayuran. Adapun maksud dan tujuan dari perkuliahan dosen tamu kali ini adalah menggantikan satu pertemuan perkuliahan teknologi budidaya tanaman sayur dan tanaman hias serta menambah pengetahuan mahasiswa. Pada kuliah dosen tamu yang menghadirkan wakil  dari ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI tersebut berlangsung cukup seru. Mahasiswa antusias mengikuti perkuliahan dan semangat bertanya berbagai hal yang berkaitan dengan tanaman sayuran. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan  Memorandum of Understanding (MOU) antara Fakultas Pertanian UNIBA dan ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI yang berisi tentang antara lain kerjasama kemitraan dalam hal pengembangan dan penelitian, transfer informasi, pengabdian kepada masyarakat dan kewirausahaan.

ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI terbentuk pada tanggal 10 November 2005 terbentuk atas prakarsa Taiwan ICDF. Berada di Kecamatan Teras Boyolali. Adapun visi nya meningkatkan kesejahteraan petani, membuka peluang pasar dalam hal ini adalah pasar modern, dan sebagai sarana pelatihan, bimbingan dan informasi bagi anggota masyarakat. Keanggotaanya terdiri dari petani anggota, petani mitra dan kelompok tani mitra yang jumlahnya mencapai 147 orang dan jenis tanaman yang diusahakan lebih dari 102 jenis tanaman diantaranya sawi emas, okra, pare putih, paprika, rosella, tomat chery, dan masih banyak lagi. Pemasaran dari produk ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI adalah pasar modern yang memiliki tantangan pasar yakni semakin banyak dan semakin ketatnya persaingan, pasar yang menginginkan kwalitas produk yang prima dan musim dan ketersediaan produk. Adapun usaha yang dilakukan ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI antara lain terus menjaga kualitas dan kontinuitas produk, menambah keanekaragaman produk, dan meningkatkan kwalitas produk dengan menyediakan produk yang bersertifikat. ASPAKUSA MAKMUR BOYOLALI telah bersertifikat PRIMA 3 artinya telah menjawab tuntutan pasar atas produk yang bersertifikat dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar