Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 20 Januari 2012

FGD PENGEMBANGAN UNIBA


Senin, tanggal 16 Januari  2012 telah dilaksanakan kegiatan FGD dalam rangka Pengembangan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta. Kegiatan FGD dengan tema ” Dinamika dan Tantangan Masa Depan UNIBA Surakarta ” tersebut menghadirkan Pakar Bapak. H. Noer Soetrisno, MA, PhD (Jakarta)

Dalam sambutannya Rektor UNIBA, Ibu Prof. Dr.H. Endang Siti Rahayu, MS, menyampaikan bahwa pengembangan UNIBA Surakarta harus diarahkan pada upaya nyata PT dan komitmen stakehoder untuk berkembang kearah yang lebih baik.
Bapak. H. Noer Soetrisno, MA,. PhD menyampaikan bahwa UNIBA memiliki beberapa potensi dan pilihan strategis yang bisa dikembangkan kedepan.  UNIBA memiliki peluang dan potensi untuk pengembangan dari perspektif identitas Islam dan Batik. Upaya tersebut di lakukan melalui tahapan ;1). Reintrepretasi untuk reposisi, yang diarahkan pada  Islam sebagai identitas nasionalisme indonesia yang kedua, dan Batik sebagai warisan budaya Indonesia adalah identitas Indonesia itu sendiri, 2). Reposisi, bagi UNIBA Islam maupun batik adalah perjuangan memperkuat nasionalisme disegala bidang,  Islam dan Batik harus di posisikan sebagai sarana kemandirian bangsa, karena Islam adalah moral (driving force) untuk kerja dan Batik adalah warisan budaya yang memelihara identitas, pengharapan(doa) yang menopang kehidupan, 3). Kreatifitas, pada akhirnya kreatifitas merupakan sumber kemajuan kedepan, bagaimana kita bisa mengembangkan batik dan ekonomi sebagai potret sistem industri yang saling mempengaruhi. Sehingga UNIBA kedepan harus melihat identitas UNIBA tersebut sebagai sumber kekuatan, menjadikan batik sebagai pusat perhatian semua jurusan, menjadikan UNIBA sebagai referensi ekonomi batik nasional, regional/internasional, dan batik menjadi denominator program studi di UNIBA Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar