Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Minggu, 03 Maret 2013

Pengmas Desa Vokasi Purworejo dan Pulutan Wetan Wonogiri 2012-2013








LP3M UNIBA Surakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat desa Vokasi di Desa Purworejo Kecamatan Wonogiri dan Desa Pulutan Wetan Kecamatan Wuryantoro. UNIBA Surakarta menerjunkan 10 mahasiswa di masing-masing desa. Kegaitan dilaksanakan sejak bulan Desember 2012 sda Februari 2013 melalui rangkaiaan kegiatan pra survei, perijinan, survei lanjutan, pelatihan dan pembekalan (di Kampus UNIBA), workshop (di CV. Palem Annur di desa nguter sukoharjo), pengiriman mahasiswa, kegiatan lapangan, sampai dengan penarikan mahasiswa.

Kegiatan pengabdian masyarakat Lembaga penelitian pengembangan dan pengabdian pada masyarakat (LP3M) mengambil tema “ Pengembangan Rumah Kompos Kelompok Usaha Peternakan di Desa Vokasi  Purworejo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri “ dan untuk pulutan wetan “ pengembangan produksi pupuk organik untuk kelompok usaha peternakan didesa vokasi Pulutan Wetan Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri “.  Berbagai macam kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan meliputi 1). Penanaman bibit, Penanaman dan Penyerahan 1000 bibit tanaman kehutanan diantarannya  Jati, Jabon, Jambu Mete, Jati pecut, Matoa, Mahoni. Penanaman pohon merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengalakan salah satu program pemerintah yaitu penanaman pohon 1 milyar. Dengan program kegiatan ini diharapakan warga masyarakat purworejo bisa memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman tanaman kehutanan, 2). Pembuatan pupuk kompos, Proses pembuatan pupuk kompos dimulai dari kotoran ternak yang masih basah kemudian di bolak balikan  dan larutan pengurai yaitu campuran EM4 dan Tetes Tebu masing-masing takaran 2 tutup botol di larutkan dalam 10 liter air, kemudian diaduk sampai rata, setelah larutan pengurai jadi kemudian disiramkan pada kotoran ternak sampai rata tersiram, dilakukan 2-3 kali sampai semua kotoran tersiram bakteri pengurai. Dalam hal ini tim  Pengmas bekerjasama dengan warga masyarakat purworejo uuntuk pemberian nama merk produk yang bisa mewakili desa purworejo yaitu pupuk kompos TANI MULYO. 3). Pembuatan pupuk cair, Pembuatan pupuk organik cair merupakan sebuah alternatif pemanfaatan dari hasil ternak dan pemanfaatan bahan baku setempat. 4). Penanaman empon-empon (Bahan Baku Jamu) Penanaman empon-empon dilakukan di taman wisata air atau pemancingan di dusun Jatibedug dan semin wetan dengan menanam beberapa jenis tanaman diantaranya Jahe Merah, Kunir Putih dan lain-lain. 5). Kegiatan lain, Dalam kegiatan ini ada beberapa permintaan masyarakat untuk melatih dan mengenalkan tentang peralatan yang sudah ada tetapi warga masyarakat belum bisa diantaranya pembuatan pakan ternak dengan menggunakan mesin pencacah dan melatih cara fermentasi pakan tersebut diantara bahan dan alat yang digunakan untuk pembuatan pakan ternak adalah sebagai berikut, EM-4, tetes Tebu, Garam, Urea, ember, plastik dan alat pendukung lainnya. Kegiatan lain pencakokan, dalam kesempatan kali ini tim KKN diberi kesempatan untuk mencakok beberapa tanaman kelengkeng dan berkunjung pada perkebunan kelengkeng yang dibudidayakan salah seorang petani setempat. Acara kegiatan yang dilaksanakan pada malam hari yaitu mengikuti perkumpulan kelom,pok tani, perkumpulan rutin setiap bulan, pengajian warga   Diharapakan dapat menambah wawasan jiwa kewirausahaan dan menambah ilmu pengetahuan pengembangan ilmu pertanian.
Selama kegiatan lapangan mahasiswa mengalami berbagai romantika digigit nyamuk, kesulitan komunikasi (tak ada sinyal), jarang nonton TV, mencangkul kotoran sapi, nanam pohon, memasak didapur, mengaduk pupuk, membuat/memperbaiki kandang, dan berrbagai macam dinamika yang tidak terlupakan, apalagi acara diakhir dengan kunjugan wisata dan naik praudi Waduk Gajah Mungkur. Sayonara………. Kapan lagi kita pengmas selanjutnya.. (MLD/SWD/UNIBA News).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar