Pada hari
Kamis, 11 April 2013 bertempat di Ruang Seminar UNIBA Surakarta
telah diselenggarakan kegiatan Pelantikan Pengurus Carier Development Centre (CDC) UNIBA Surakarta periode 2013/2014
dibawah kepemimpinan Ketua Bapak. Dr.H.
Bambang Mursito, MM dan Sekretaris Ibu. Emy Puspitasari, SH, M.Kn.Acara yang berlansung pukul 08.00 sda
selesai tersebut berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh civitas akademik
UNIBA Surakarta
Rektor UNIBA Prof. Dr. Ir. Hj.
Endang Siti Rahayu, MS dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran CDC UNIBA
Surakarta adalah untuk meningkatkan pelaksanaan tracer study alumni UNIBA
Surakarta dan mendorong networking antara UNIBA alumni dan dunia usaha yang
saling membutuhkan. CDC diharapkan bisa menjembatani kebutuhan alumni atas
dunia kerja dan industri yang bisa menyerap lulusan UNIBA Surakarta, dan disisi
lain bagi dunia kerja CDC bisa berperan untuk mengkomunikasikan standar
kompetisi yang dibutuhkan oleh dunia usaha bagi lulusan perguruan tinggi,
khususnya lulusan UNIBA Surakarta.
Ketua Panitia
Bapak. Dr.Drs.H.A Dardiri Hasyim, SH, MH
menyampaikan bahwa Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakartan sejak tahun
2005 telah melakukan tracer study pada sampel terbatas dan mengembangkan
keluarga alumni sebagai media komunikasi alumni. Pengembangan alumni telah
dilakukan pada tingkat angkatan, prodi, fakultas dan Universitas. Berdasarkan
kepemimpinan baru Rektor Periode 2012 – 2016 telah dibentuk Career Development Centre (CDC-UNIBA) sebagai
wadah pengembangan kualitas SDM untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan
siap pakai.
Adapun tujuan dibentuknya
CDC UNIBA adalah 1). CDC UNIBA bertujuan menjadi mediator yang baik antara para
pencari kerja dengan perusahaan/instansi/industri yang sedang membutuhkan
tenaga kerja, 2). CDC UNIBA menjadi unit
yang menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan
tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan
kualitas UNIBA Surakarta, 3).CDC UNIBA menyediakan
informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja
profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi pemangku
kepentingan (stakeholders), dan mendukung kelengkapan persyaratan bagi
akreditasi pendidikan tinggi, 4). Mengurangi waktu tunggu lulusan memperoleh
pekerjaan dan meningkatkan daya tawar lulusan
dan 5). Memberi bekal nilai tambah melalui pelatihan atau ujian
sertifikasi bagi mahasiswa dan lulusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar