Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Senin, 03 Februari 2014

OSMARU Mahasiswa UNIBA 2013 adakan WorkShop Batik di dalem Djimatan




Bendera merah putih, penjor, umbul-umbul berkibar dengan keras karena tiupan angin yang sepoi-sepoi, alunan karawitan, dan tulisan selamat datang di depan regol pintu masuk dalem Djimatan sudah ditata dan dipasang dengan rapih oleh petugas, ini sebagai standart operasional prosedure (SOP) ketika ada acara dan atau penyambutan tamu yang sudah diagendakan dalem Djimatan. Tepatnya pukul 09.30, ratusan mahasiswa UNIBA yang akan melakukan OSMARU ”Workshop Batik“ memasuki dalem Djimatan dengan disambut oleh alunan karawitan.


Mahasiswa peserta OSMARU merupakan gabungan dari  Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian bertolak dari Kampus I UNIBA pukul 08.30 dengan cara berjalan kaki, dan blusukan di pengrajin batik di wilayah Kampoeng Batik Laweyan. Kegiatan blusukan di pengusaha batik ini didampingi tim FPKBL dan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama didampingi oleh M. Syifa’ul Karim, S.Hum (Kabid Pariwisata FPKBL) dan yang kelompok kedua didampingi oleh Riyanto,SH (Kabid Batik Development Center). Harapannya sepanjang perjalanan mahasiswa peserta OSMARU beriteraksi dengan pengusaha batik dan mendapatkan informasi tentang proses dan pembuatan batik. Para pemandu mendampingi dan mengantarkan mahasiswa ke tempat produksi dengan dipersilahkan melakukan wawancara dan tanya jawab berkaitan dengan perbatikan. Tujuannya adalah mahasiswa baru memiliki wawasan baru tentang produksi batik, pemasaran, motif, dan sebagainya.
Perjalanan berakhir di dalem Djimatan Kampoeng Batik Laweyan dan diterima di Pendopo utama dalem Djimatan oleh Bapak. Muladi Wibowo, S.Sos, MM, M.Pd, selaku koordinator pengelolaan dalem Djimatan, sekaligus menyampaikan pengantar tentang sejarah dalem Djimatan, kerjasama UNIBA dengan FPKBL Surakarta, dan memperkenalkan program perbatikan di UNIBA Surakarta. Sesi selanjutnya dengan dipandu oleh M. Tunahar, M.Si selaku staf pengelola dalem djimatan bidang perbatikan yakni menyampaikan gambaran proses perbatikan, peralatan yang digunakan, dan tahapan produksi batik yang akan dipraktekan oleh mahasiswa peserta OSMARU UNIBA Surakarta.
Dari Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) yang terlibat dalam OSMARU mahasiswa UNIBA 2013, selain M. Syifa Karim, Riyanto, hadir juga Bapak. Widhiarso (Sekretaris FPKBL), dalam paparannya menyampaikan perbedaan antara batik tulis dengan textile bermotif batik, dengan memberikan “tebakan “, diantara 3 orang yang dari FPKBL, siapa yang mengenakan baju batik tulis? dan mahasiswa diberikan gambaran membedakannya selain dari sisi harga, dan akhirnya yang mengenakan baju batik tulis adalah mas Syifa‘ul karim. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan memproduksi batik, dengan dibagi 3 kelompok, kelompok 1 berada di pendopo utama, kelompok 2 berada di pelataran depan Taman Bacaan Priyomarsono, dan yang terakhir berlokasi di dalam laboratorium batiknya UNIBA. Masing-masing kelompok pesertanya terdiri dari 30 mahasiswa lintas fakultas. Setelah dijelaskan secara detail, dan akhirnya peserta OSMARU mulai melakukan produksi batik  dalam workshop batik dimulai pukul 10.15 dan diakhiri pukul 12.30, dengan mengikuti semua tahapan proses membuat batik tulis.  Proses dimulai dengan membuat desain, desain sengaja tidak kami sediakan dari dalem djimatan, supaya peserta OSMARU mampu mengekpresikan kreatifitasnya masing-masing, kemudian menyungging di kain yang sudah disediakan, lalu di canting, diwarnai, di lorot, dijemur, dan finishing untuk dikasihkan kepada peserta OSMARU UNIBA Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar