Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Kamis, 20 Maret 2014

STUDI BANDING FP UNIBA KE UMM



Dalam rangka untuk mendalami dan menyesuaikan kurikulum yang di terapkan di Fakultas Pertanian Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta, dan untuk menambah wawasan, peningkatan serta mempelajari sarana prasarana pendukung dalam proses belajar mengajar baik teori maupun praktikum mahasiswa, maka pada hari Kamis-Jum’at, tanggal 5 – 6 Desember 2013, Pimpinan Fakultas Pertanian beserta jajarannya berjumlah 14 orang berangkat ke Universitas Muhammadiyah Malang(UMM), untuk melaksanakan kerjasama dan studi banding ke Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang(UMM). Sampai di UMM di terima oleh Dekan  Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Bapak Dr. Ir. Damat. Beserta  Pembantu Dekan 1, 2, dan 3 serta Kepala Laboratorium .


Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah presentasi dan diskusi. Rincian komponen kegiatan studi banding sebagai berikut : atmosphere academic, Sistem akademis, kuliah umum, Pengelolaan kepustakaan, budaya perkuliahan dan Infrastruktur perkuliahan. Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan yaitu Bapak Damat ditemukan gambaran umum secara global sebagai berikut: Atmosphere academic, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang mengembangkan “Pertanian Terpadu” di lingkungan kampus. Sistem akademis, Tata kelola yang dimiliki adalah sistem SADAK (sentralisasi administrasi dan desentralisasi akademik). Dengan demikian, semua urusan keuangan, SDM dan administrasi lainnya berada dibawah kendali tingkat Universitas. Sebaliknya, urusan akademik, otonomi diberikan hingga pada tingkat jurusan. Hal ini dikarenakan memudahkan untuk pengendalian dan efesiensi, serta memberi ruang seluas-luasnya kepada program studi untuk berkembang secara akademik.

Pengelolaan kepustakaan menggunakan sistem PIN digunakan sebagai layanan mandiri  ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang. Layanan mandiri ini  merupakan layanan  sendiri  yaitu pengguna   melayani diri sendiri    hanya dengan bantuan   peralatan teknologi.  Kelebihan yang di miliki dengan  penggunaan PIN ini diantaranya untuk membuktikan keaslian identitas diri, meringankan beban kerja petugas, proses   transaksi lebih cepat, aman dan tepat. Selain itu PIN tidak hanya di khususkan untuk perpustakaan saja akan tetapi PIN bisa dimanfaatkan untuk hotspot, melihat kartu  hasil studi (KHS), PIN juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak mengenal batas kadaluarsa sehingga mahasiswa UMM tidak harus registrasi ulang untuk menjadi anggota perpustakaan sampai mereka keluar dari almamater.

Dalam sistem perkuliahan, dilakukan monitoring pembelajaran yaitu menggunakan cctv sehingga semua aktifitas di lingkungan kampus baik luar ruangan maupun di dalam ruangan terbaca melalui cctv. Dan  Mengembangkan budaya wirausaha dikalangan dosen, karyawan dan mahasiswa melalui hasil greenhouse dan hasil penelitian/kegiatan yang dikembangkan yang sifatnya aplikatif sesuai kebutuhan masyarakat. Sedangkan dari sisi laboratorium dan sarana prasarana yang dimiliki sebagai berikut: Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Tanah,Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman, Laboratorium Bioteknologi. (HW/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar