Dalam rangka untuk mendalami dan
menyesuaikan kurikulum yang di terapkan di Fakultas Pertanian Universitas Islam
Batik (UNIBA) Surakarta, dan untuk menambah wawasan, peningkatan serta
mempelajari sarana prasarana pendukung dalam proses belajar mengajar baik teori
maupun praktikum mahasiswa, maka pada hari Kamis-Jum’at, tanggal 5 – 6 Desember
2013, Pimpinan Fakultas Pertanian beserta jajarannya berjumlah 14 orang
berangkat ke Universitas Muhammadiyah Malang(UMM), untuk melaksanakan kerjasama
dan studi banding ke Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah
Malang(UMM). Sampai di UMM di terima oleh Dekan
Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Bapak
Dr. Ir. Damat. Beserta Pembantu Dekan 1,
2, dan 3 serta Kepala Laboratorium .
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan
adalah presentasi dan diskusi. Rincian komponen kegiatan studi banding sebagai
berikut : atmosphere academic, Sistem
akademis, kuliah umum, Pengelolaan kepustakaan, budaya perkuliahan dan
Infrastruktur perkuliahan. Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Dekan
Fakultas Pertanian dan Peternakan yaitu Bapak Damat ditemukan gambaran umum
secara global sebagai berikut: Atmosphere
academic, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang
mengembangkan “Pertanian Terpadu” di lingkungan kampus. Sistem akademis, Tata
kelola yang dimiliki adalah sistem SADAK (sentralisasi administrasi dan
desentralisasi akademik). Dengan demikian, semua urusan keuangan, SDM dan
administrasi lainnya berada dibawah kendali tingkat Universitas. Sebaliknya,
urusan akademik, otonomi diberikan hingga pada tingkat jurusan. Hal ini
dikarenakan memudahkan untuk pengendalian dan efesiensi, serta memberi ruang
seluas-luasnya kepada program studi untuk berkembang secara akademik.
Pengelolaan
kepustakaan menggunakan sistem PIN digunakan sebagai layanan mandiri ini
diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa, karyawan dan dosen di lingkungan
Universitas Muhammadiyah Malang. Layanan mandiri ini merupakan
layanan sendiri yaitu pengguna melayani diri
sendiri hanya dengan bantuan peralatan
teknologi. Kelebihan yang di miliki dengan penggunaan PIN ini
diantaranya untuk membuktikan keaslian identitas diri, meringankan beban kerja
petugas, proses transaksi lebih cepat, aman dan tepat. Selain itu
PIN tidak hanya di khususkan untuk perpustakaan saja akan tetapi PIN bisa
dimanfaatkan untuk hotspot, melihat kartu hasil studi (KHS), PIN
juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak mengenal batas kadaluarsa
sehingga mahasiswa UMM tidak harus registrasi ulang untuk menjadi anggota
perpustakaan sampai mereka keluar dari almamater.
Dalam
sistem perkuliahan, dilakukan monitoring pembelajaran yaitu menggunakan cctv
sehingga semua aktifitas di lingkungan kampus baik luar ruangan maupun di dalam
ruangan terbaca melalui cctv. Dan
Mengembangkan budaya wirausaha dikalangan dosen, karyawan dan mahasiswa
melalui hasil greenhouse dan hasil
penelitian/kegiatan yang dikembangkan yang sifatnya aplikatif sesuai kebutuhan
masyarakat. Sedangkan dari sisi laboratorium dan sarana prasarana yang dimiliki
sebagai berikut: Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia,
Laboratorium Tanah,Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman, Laboratorium
Bioteknologi. (HW/UNIBA News)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar