Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Kamis, 20 Maret 2014

Workshop Perbatikan UNIBA




Pagelaran Agung Keraton Sedunia,
Jakarta 5-8 Desember 2013

Dengan hamparan luas, terletak di sebelah pusat pemerintahan Indonesia dan bersebelahan dengan Masjid Istiqlal, sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, ditanami berbagai tanaman, rumput yang kehijau-hijauan ditambah suasana yang teduh menjadikan suasana Monumen Nasional (Monas) selalu menjadi kunjungan para wisatawan baik domestik, maupun internasional. Kondisi ini menjadi sangat menarik dan luar biasa karena dijadikan sebagai pusat penyelenggaraan pagelaran 10 kerajaan mancanegara, 165 keraton Nusantara, 30 kereta kencana, dan 1000 atraksi seniman kekerabat handai tolan dan para abdi dalem kerajaan di belahan nusantara hingga belahan dunia. Selain itu, juga ditampilkan berbagai hasil karya kerajinan, kuliner, tatanan budaya, seperti kerajinan keris, perangkat gamelan, kerajinan batik, kerajinan wayang kulit, baju kebesaran para raja, kereta kencana, dan sebagainya, sehingga monas dijadikan sebagai miniatur kerajaan dunia yang megah nan eksotis.
 
Pagelaran Agung keraton sedunia, diawali dengan acara Welcome dinner, pada Rabu 4 Desember 2013 di florest room Borobudur hotel, pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00, dihadiri para raja-raja, media, tamu undangan.  Keesokan harinya  Jam  09.00-11.30 diselenggarakan acara pembukaan “Pagelaran Agung Keraton Sedunia 2013” yang dibuka secara lanngsung  oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta, Bapak. Ir. H. Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut UNIBA Surakarta menghadiri acara pembukaan dalam rangka peran UNIBA bekerjasama dengan GKBI Jakarta sebagai salah satu pengisi acara workshop perbatikan.  Berkenan hadir Ibu Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS (Rektor UNIBA), Bapak. Ir.H.Solichul Hadi A. Bakri, M.Erg (Ketua Yapertib), Bp. Muladi Wibowo, S.Sos, MM, M.Pd (Humas UNIBA), Bp. Suherman ( GKBI Jakarta).


Acara pembukaan diawali dengan iring-iringan payung Bhinneka Tunggal Ika, yang dibawakan secara berpasang-pasangan dan diikuti para raja, tamu undangan untuk menempati kursi yang telah ditentukan, tidak begitu lama, bunyi gong dibunyikan sebagai pertanda bahwa Bapak Gubernur DKI Jakarta beserta rombongan memasuki area acara, dengan disambut Tari Rebong Pangrebong, Tari Tabur Beras Kuning/Tari Menepung Tawar, dan Tari Topeng Betawi, dan dilanjutkan acara sambutan-sambutan, doa bersama, sampai dengan acara istirahat. Pukul 13.00 acara dimulai lagi dengan seminar, dengan tema “Sumbangan Peradaban Nusantara terhadap Peradaban Dunia Masa Yang Akan Datang”  

Adapun pusat kegiatan Pagelaran Agung keraton sedunia dilaksanakan di monas, Di dalam arena monas  juga dipamerkan  batik dari berbagai daerah,  yakni  Pekalongan, Lasem, Cirebon,  Jogya, Solo dan juga ada yang dari luar Jawa yang disajikan oleh  Gallery GKBI (Gabungan Koperasi Batik Se-Indonesia) bekerjasama dengan UNIBA Surakarta.  Kerjasama dilaksanakan   dimulai dari tanggal 4-8 Desember 2013. Sehingga pameran merupakan gabungan team dari GKBI terdiri dari Bapak. Suherman, Bapak Indra dan Ibu Neneng. Dan Tim UNIBA Surakarta yakni Bapak. Ir. H. Solichul Hadi, M.Erg, Muladi Wibowo, MM, M.Pd, M. Tunahar, M.Si, Slamet Winarno, SP, Sri Hartanto, SP, dan Tata (Mahasiswi Fakultas Hukum UNIBA), serta team pengrajin batik dari Kabupaten Sragen.

Di Pelataran Monas, juga diselenggarakan kegiatan panggung hiburan, pameran kereta kencana, workshop hasil kerajinan antara lain: worksop keris, workshop gamelan, workshop wayang, workshop kecantikan, kuliner, dan diakhiri dengan workshop batik dari UNIBA Solo. Di ruang diorama monas juga ditampilkan juga pameran berbagai hasil-hasil kerajinan dari keraton sedunia, ada pameran keris, pameran batik, miniatur kejaraan-kerajaan dunia, dan sebagainya.

Pada hari Sabtu, tanggal 7 Desember 2013, tepatnya pukul 19.30-21.00, UNIBA dan GKBI diberi kesempatan untuk menggelar workshop batik. Mulai jam 17.00 sore seluruh team sudah mempersiapkan dengan seksama, karena kami sadar dan mengerti bahwa disinilah kami membawa nama baik dan sekaligus mempromosikan UNIBA kepada masyarakat Indonesia dan bahkan manca negara. Dan alhasil kesempatanpun tiba, setelah worshop teh berakhir, pemandu acara memanggil team workshop batik, dan kamipun naik ke panggung dengan mempersiapkan peralatan yang kami butuhkan, dan team dibagi beberapa bagian, antara lain: team pemateri perbatikan oleh Bp. Muladi Wibowo didamping Tata dan Neneng, team pemandu membatik dengan Bp. Sri Hartanto dan Bp. M.Tunahar, team produksi Bp. Sukino dan Bp.Tarto, dan team dokumentasi Bp. Slamet Winarno.  Selama workshop berlangsung antusiasi pengunjung yang mau praktek membatik luar biasa banyak, dari waktu yang disediakan sampai jam 21.00 harus diakhiri pada pukul 23.30, dan bahkan, ada permintaan waktu, untuk workshop batik dilanjutkan pada hari minggunya. Dari penampilan dan demo yang kami lakukan, Alhamdulillah banyak yang merasa puas dan senang termasuk juga para pengurus Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), para raja-raja, dan masyarakat umum, semoga 2 tahun yang akan datang kita dapat bertemu lagi dengan suasana yang lebih menyenangkan. Terima kasih  (TNH/MLD/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar