Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Senin, 06 Oktober 2014

PENGMAS DESA VOKASI UNIBA DI PONDOK SUKOHARJO.



Kepedulian Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta terhadap lingkungan dan masyarakat terus dikembangkan. Melalui LP3M,  UNIBA melaksanakan pengabdian masyarakat desa Vokasi medio Februari sda April  2014 di Desa Pondok Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Program diikuti 10 mahasiswa dari 3 fakultas yaitu Ekonomi,  Hukum dan Pertanian, dibawah pembimbing  Ir. H. Solichul Hadi, M,Erg,  Muladi Wibowo. S.Sos, SE, MM. M.Pd,  Dra. Hj. Istiatin, SE, MM serta Kartika Hendra Titisari, SE, M.Si, Akt.

Kegiatan pengmas desa vokasi selain mengembangkan program bersama masyarakat juga pemberian bantuan batuan bibit  tamanan keras dan bibit buah berjumlah 1.000 batang yang dikemudian ditanam oleh mahasiswa UNIBA bersama masyarakat. Selain itu juga dikembangkan pembuatan pakan lele dan pemanfaatan pembuatan pakan ternak sapi melalui kegiatan fermentasi pakan ternak.
Pelaksanaan pengmas Desa Vokasi ini adalah meningkatnya aspek produksi dan pemasaran, khususnya bidang peternakan menuju sistem produksi yang lebih produktif  sehingga memberi manfaat bagi kesejahteraan perekonomian desa secara proporsional. Dalam implentasi program pengmas Vokasi ini kegiatan mahasiswa yaitu membuat pakan lele dengan pemanfaatan potensi lokal seperti tepung roti, bulu ayam, ikan asin, lemak sapi dan kotoran ayam. Berbagai macam kegiatan yang dilakukan mahasiswa dilokasi tersebut karena banyak permintaan warga masyarakat untuk ikut acara di agenda program desa, mengajar anak TK, menjadi tentor mengaji, dan masih kegiatan sosial di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar