Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Senin, 06 Oktober 2014

PENGMAS DESA VOKASI UNIBA DI PURWOREJO WONOGIRI





Setelah melakukan pengabdian masyarakat di beberapa desa, LP3M UNIBA  juga menyelenggarakan pengabdian masyarakat desa Vokasi di Desa Purworejo Kecamatan/Kabupaten Wonogiri. Kegiatan berlangsung Pebruari hingga April 2014.  10 mahasiswa dari 3 fakultas yaitu  Ekonomi,  Hukum dan Pertanian ambil bagian di dalamnya bersama pembimbing  Dr. Pramono Hadi, SP.,M.Si,   Dr. Drs. H.A. Dardiri Hasyim, SH, MH serta  Muladi Wibowo. S.Sos, SE, MM. M.Pd.

Kegiatan pengmas desa vokasi selain mengembangkan program bersama masyarakat juga pemberian bantuan  bibit  tamanan keras dan bibit buah berjumlah 1.250 batang meliputi tanaman Buah rambutanC, manga, Sengon, Trembesi, Alkasia  yang dikemudian ditanam oleh mahasiswa UNIBA bersama masyarakat.
Bapak. Dr. Pramono Hadi, SP.,M.Si  menyampaikan bahwa pengembangan usaha didesa vokasi Purworejo meliputi berbagai usaha peternakan, pendidikan kejar paket, usaha jamu gendong dan usaha menjahit yang sedang dikembangkan, dengan jenis-jenis usaha dari peternakan yaitu kambing dan lele dari segi pendidikan yaitu kejar paket dan dari segi usaha yaitu jamu gendong dan menjahit. Dari Tim survey lapangan didapatkan bahwa kelemahan dan kekurang pemberdayaan semangat dalam mengembangkan usaha tersebut.
Pengmas Desa Vokasi di Purworejo difokuskan pada program  pembuatan pakan lele, membatik, sablon dan menanam tanaman keras. Menurut Kepala Desa Purworejo Hartono, SH sampai saat ini peternak masih bersifat penerima teknologi belum sebagai pengguna teknologi peternakan. Sehingga diharapkan konstribusi UNIBA ini bisa bermanfaat, terutama teknologi : pakan, pembibitan, penanganan pasca panen, pengolahan pasca panen, teknologi pengolahan kompos, pengobatan ternak vaksinasi ternak.
Dalam kegiatan pembuatan pakan lele dilakukan dengan pemanfaatan potensi lokal yaitu dengan menugunakan bulu ayam, kotoran puyuh, sisa makan dan tepung roti dalam pelaksanaan ini mahasiswa berhasil membuat pakan lele yang sekaligus diuji cobakan pada peternak lele. Salah satu pengelola kolam lele Agus Suwarsito sekaligus Kadus dusun Jati Bedug Desa Puworejo mengatakan ” program ini sangat penting untuk dikembangkan di desa ini karena sangat membantu pertenak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar