Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 14 November 2014

SMA BATIK 1 SURAKARTA ADAKAN TELUSUR BUDAYA BATIK



 
(Laweyan) Suasana pagi yang cerah ceria, aktifitas Dalem Djimatan sudah dimulai dari sekitar pukul 07.00 WIB, ditengah persiapan segala sesuatu yang diperlukan menjelang ibadah Ramadhan 1435 H, tidak mengurangi semangat, tidak menjadi bermalas-malas, karena disadari bahwa bulan ini adalah bulan latihan (tarbiyah), penuh pahala, dan  penuh berkah. Tepat, sesuai jadwal yang disepakati, yaitu hari Selasa 15 Juli 2014, mulai pukul 09.00 WIB siswa-siswi SMA Batik 1 Surakarta, kelas X.MIA.1 (IPA), diterima langsung oleh Ibu Rektor Uniba, Ibu. Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, M.S. Dimana dalam sambutannya Rektor UNIBA menekankan selamat datang di keluarga besar batik,  Djimatan merupakan Kampus II UNIBA, Uniba adalah keluarga tertua dalam lingkup Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta, tetapi yang paling muda usianya dari proses pendiriannya, dan Uniba di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (Yapertib) Surakarta. Di YPB,  ada SMA Batik 1, dan 2 Surakarta, SMK Batik 1 dan 2 Surakarta, dan SMP Batik.

 Acara dilanjutkan dengan materi sejarah dalem djimatan, telusur artifak perbatikan, laboratorium penyiaran, laboratorium batik dan pengenalan tata ruangan dalem Djimatan yang disampaikan oleh Bp. Muladi Wibowo, S.Sos, SE,MM, M.Pd, bersama oleh M.Tunahar, M.Si dan Bapak  Rochmad Widjijanto,MM dan diakhiri dengan sesi foto bersama.  Acara awal merupakan rombongan dari siswa dalam 1 kelas kurang lebih berjumlah 45 siswa, selanjutnya sekitar pukul 10.00 acara selesai untuk kelas X.MIA.1, dan dilanjutkan dengan kelas X.MIA.2 SMA Batik 1 Surakarta, dan yang terakhir kelas X.MIA.3 SMA Batik 1 Surakarta sebagai tamu penutup yang datang di dalem djimatan dari SMA Batik 1 Surakarta di hari Selasa 15 Juli 2014, sampai di dalem djimatan pukul 11.00 WIB, berakhir pada pukul 12.30, siswa-siswi meninggalkan dalem Djimatan, dan dilanjutkan besok pagi untuk kelas yang berbeda.

Pada Rabu, 16 Juli 2014 acara dimulai pukul 09.00, ada empat (4) kelas, yaitu kelas X.MIA.4, dan X.MIA.5, da. Kelas X.IIS.1, serta X.IIS.2, selesai semua sampai sekitar 14.00. Yang menarik dari hari kedua, antara lain : jumlah peserta paling banyak, karena empat (4) kelas, sebagai pematerinya adalah Ketua Yayasan Pendidikan Batik (YPB), yaitu Bapak. Ir.H.Solichul Hadi, AB, M.Erg dan Bendahara YPB, Bapak.Sahrial Amri, ST, dan dibantu oleh M.Tunahar, M.Si dan Rochmad Widjijanto untuk mengatur pergantian antar kelas sekaligus sebagai pemateri mengenai dalem Djimatan yang berkaitan dengan laboratorium penyiaran dan perbatikan UNIBA.

Pada Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) SMA Batik 1 Surakarta kali ini ada yang berbeda dan baru, barunya karena setiap siswa SMA Batik 1 Surakarta membatik pada kain selebar 2 ¼ meter untuk dibatik sendiri oleh siswa yang nantinya akan dijadikan seragam pada saat kelas 2 atau XI nanti, seragam batik ini bisa jadi  yang pertama di Indonesia, atau bahkan Internasional. Dan dihari berikutnya, Kamis 17 Juli 2014 mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.30, secara bergantian peserta MOPDB SMA Batik 1 Surakarta gelombang terakhir yang mendatangi dalem Djimatan adalah kelas X.IIS3, X.IIS4, dan X.IIS5, dan acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari ketua panitia masa orientasi peserta didik baru kepada ketua Yayasan Pendidikan Batik (YPB) Surakarta. (TNH/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar