Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 14 November 2014

UNIBA Selenggarakan Kuliah Umum Ekonomi Syariah



Kajian tentang ekonomi syariah di Indonesia kini ramai didiskusikan. Apalagi perkembangan lembaga perbankan serta non perbankan yang berbasis syariah mulai tumbuh seiring dengan kesadaran dan kepedulian masyarakat  terhadap ekonomi syariah.

Untuk lebih memperdalam konsep dan kajian ekonomi syariah, UNIBA Surakarta menyelenggarakan Kuliah Umum bertema Prospek dan Tantangan  Ekonomi Syariah di Indonesia, akhir Agustus 2014. Kegiatan yang  dihelat Program Pasca Sarjana UNIBA tersebut diselenggarakan di Hotel Kusuma Sahid Prince Solo. Lebih dari 150 peserta terdiri dari Pengurus Yapertib Surakarta, Pimpinan Universitas, Dekan, Ketua Unit dan Lembaga, Pimpinan Pascasarjana, mahasiswa Pascasarjana, mahasiswa S-1, pengurus BEM, perwakilan UKM,  staff pengajar, undangan, alumni PPs dan pemerhati masalah ekonomi syariah hadir dalam kuliah umum tersebut.


Narasumber Prof. Dr. Edy Suandi Hamid M.Ec, merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi UII Yogjakarta dan ketua APTISI Indonesia mengatakan,” Penguatan dan Pemanfaatan Nilai Nilai Islam yang tercakup dalam ekonomi Islam pada aspek kehidupan, maka potensi ekonomi Islam dalam mendukung ekonomi nasional akan makin terbuka.” Oleh karenanya, lanjutnya, Ekonomi Islam selayaknya menjadi tuan rumah di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, dan sebagai sistem ekonomi yang humanistic, bahkan  Pengembangan ekonomi Islam hendaknya didorong untuk meluas ke aspek diluar perbankan dan asuransi. Namun sejumlah permasalahan di bidang SDM, praktek perbankan, dan lainnya membuat ekonomi Islam belum secara integral menjadi warna utama perekonomian Indonesia

Peran pendidikan tinggi juga bisa lebih luas lagi manakala mampu membantu pemodal dan menginisiasi pendirian perbankan syariah ini. Misalnya menyediakan jasa konsultasi dan membantu menyusun proposal, sejak studi kelayakan sampai beroperasinya suatu perbankan syariah. Saat ini sebenarnya banyak pihak yang ingin terjun dalam pendirian BPR syariah, namun terkendala pengetahuan yang terbatas untuk melakukannya. Untuk itulah pera lembaga pendidikan tinggi sangat diharapkan, “ paparnya lebih lanjut.

Kuliah umum yang dipandu Dr. Supawi Pawenang, SE MM berlangsung dinamis.Peserta  banyak mengajukan pertanyaan seputar ekonomi syariah. Berkenan hadir Bapak. Drs. H. M. Sukarno, M.Pd (Sekretaris Yapertib Surakarta), Bapak. Rudatyo SH MH (Pembantu Rektor I UNIBA Surakarta). Bapak. Dr. Drs. A. Dardiri Hasyim, SH MH (Pembantu Rektor III UNIBA Surakarta), Ibu. Dra. Hj. Istiatin, SE, MM (Dekan FE UNIBA Surakarta). Bapak. Ir. M. Ihsan, MP (Dekan FP UNIBA Surakarta), Bapak. Suharno, SH, MH (Dekan FH UNIBA Surakarta), Bapak. Dr. Pramono Hadi, SP, M.Si (Ketua LP3M), Direktur Pasca Sarjana UNIBA Dr. Ir. H. Slamet Riyadi Bisri, MBA, Sekretaris PPs Bapak. Dr. H.Bambang Mursito MM serta Muladi Wibowo S.Sos, SE, MM, MPd (Humas dan Sekretaris Prodi S2 UNIBA) dan undangan lainnya  (MLD/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar