Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 14 November 2014

FGD PENGEMBANGAN POTENSI WISATA BATIK PILANG SRAGEN






UNIBA Surakarta menyelenggarakan Focus Group Discution (FGD) dan Jagongan Batik, 28 Agustus 2014. Kegiatan di kampus UNIBA tersebut mengambil tema Pengembangan Potensi Batik Desa Pilang Kabupaten Sragen Menuju Kawasan Desa Wisata. Pembukaan dilakukan oleh Pembantu Rektor I UNIBA, Rudatyo SH MH. FGD dan jagongan batik ini merupakan kerjasama antara LP3M dan HUMAS UNIBA. Melalui forum ini diharapkan mampu memperdayakan serta mengoptimalkan potensi wilayah sentra pengrajin batik. Disamping itu sebagai penguatan jaringan antara UNIBA dan Pemda Kabupaten Sragen.




Ir. H. Sholichul Hadi, AB, M.Erg dosen UNIBA sekaligus pengurus Yapertib Surakarta menandaskan, diperlukan sinergi antara kampung wisata batik Laweyan Solo, Kauman Pasar Kliwon dengan Wilayah Pilang Sragen sebagai kawasan destinasi wisata Solo dan Sragen. “Apalagi jika jalan Tol yang menghubungkan Semarang Solo Kertosono sudah jadi maka pemerintah perlu memikirkan exit   jalan tol yang langsung memiliki akses ke tempat wisata batik tersebut”, ujar Ir. H. Sholichul Hadi AB, M.Erg.

Pembicara lain,  Dra. Nunuk Sri Rejeki MM (Kabid Pengembangan Daya Tarik dan Sarpras Pariwisata Dinas Pariwisata Kab. Sragen), Johny Adhi Aryawan S.Sos, MM (Kasubdit Pengembangan Dunia Usaha Bidang Ekonomi Bappeda Sragen), Johny Adhi Aryawan S.Sos, MM, menyampaikan bahwa strategi pengembangkan pariwisata di pedesaan menggunakan instrumen Desa Wisata dng melibatkan pemberdayaan masyarakat untuk tujuan pengembangan ekonomi lokal, yakni  mengembangkan pariwisata di pedesaan dengan Instrumen klaster desa wisata, mengembangkan pariwisata di pedesaan dengan Instrumen klaster daya tarik wisata (DTW) dan mengembangkan pariwisata di pedesaan dengan Instrumen klaster usaha pariwisata (Kemitraan Usaha Pariwisata) dan Suwanto AR (mantan Kepala Desa Pilang Masaran Sragen), Suwanto AR menyampaikan bahwa pengembangan klaster batik di desa Pilang antara lain ; 1). Untuk meningkatkan daya saing klaster, 2). Menciptakan lapangan pekerjaan, 3). Melestarikan budaya dan seni batik, 4). Menumbuhkan wira usaha baru, dan 5). Mewujudkan Desa Pariwisata Budaya. FGD dan Jagongan batik yang dimoderatori Muladi Wibowo, S.Sos, SE, MM, MPd berlangsung sangat menarik dan mendapat perhatian dari tokoh batik laweyan H. Soelaeman, Pimpinan UNIBA Surakarta, Pimpinan Fakultas, pemerintah kota Surakarta, dosen dan Mahasiswa UNIBA, serta undangan lainnya. (MLD/UNIBA News)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar