Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 14 November 2014

UPACARA 17 AGUSTUS 2014



 
(Sondakan), UNIBA Surakarta pada tanggal 17 Agustus senantiasa berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Pada HUT RI Ke-69, Upacara dilaksanakan di halaman Universitas Islam Batik. Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran, UKM Mahasiswa, karyawan, dosen dan Yayasan Islam Batik Surakarta. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Rektor UNIBA Surakarta, Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS.


Upacara diawali dengan pengibaran Bendera merah putih dan juga pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan teks proklamsi. Sebagai inspektur Upacara , Prof. Dr. Ir. Hj. Endang Siti Rahayu, MS. membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Bapak. H. Ganjar Pranowo, SH. Dalam sambutan Gubenur  diantaranya sebagai berikut “  Pahlawan adalah mereka yang rela berkorban untuk negara dan bangsanya. Itu semangat tanpa pamrih para pejuang pendahulu kita, dalam mewujudkan Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Maka menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus untuk dapat mengukir sejarah peradaban baru yang terus maju, tanpa harus mengorbankan harga diri dan jatidiri. Kedaulatan politik Negara harus kita jaga sebagai bangsa yang merdeka. Tidak boleh satu Negara pun mengintervensi !. Kita sebagai warga dunia harus saling menghormati kedaulatan politik masing-masing.
Tugas berat berikutnya adalah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa. Kita tidak anti impor, tapi kita harus mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri tanpa harus bergantung pada bangsa lain. Dalam pergaulan nasional maupun internasional kita juga harus mampu menunjukan kepribadian sebagai bangsa Indonesia. Kita tunjukan kepada dunia bahwa kita punya kepribadian dalam kebudayaan. Kita memiliki semangat gotong rotong untuk membangun kebersamaan, kita memiliki semangat toleransi karena kita yakin akan Bhineka Tunggal Ika. Itulah sesungguhnya pondasi jati diri yang selaras dengan potensi, kompetensi, dan karakteristik bangsa Indonesia sebagai bangsa pejuang yang selalu ingin bertindak sportifm kreatif dan inovatif dalam melakukan karya mandiri untuk mencapai kesejahteraan. 

Kegiatan upacara dimulai jam 07.30 WIB dan berakhir pukul 09.30 WIB, setelah selesai dipanjatkannya do’a. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan moment pengambilan gambar bersama-sama (MLD/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar