Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 13 September 2013

FGD dan JAGONGAN BATIK-1



LP3M UNIBA Surakarta dalam rangka kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi bekerjasama dengan FPBL Laweyan Surakarta menyelenggarakan kegiatan FGD dan Jagongan Batik dengan tema  Strategi Pemasaran Batik Kampoeng Batik Laweyan di Pasar Internasional “ dengan menghadirkan  narasumber 1). H. Achmad Soelaiman dari Eksportir Batik dan pemilik Batik Puspa Kencana menyampaikan Bentuk-bentuk pemasaran internasional Batik yang dilakukan oleh pengusaha batik di  Kampoeng Batik  Laweyan Surakarta, 2). Widiarso sebagai sekretaris FPBL menyampaikan prasyarat Kualitas dan standar manajemen produksi batik  di Kampoeng Batik Laweyan agar mampu meraih pasar  internasional, dan 3). Prof. Dr. Hj. Endang Siti Rahayu, MS menyampaikan model Pemasaran Internasional Batik di Kampoeng Batik Laweyan dengan moderator Muladi Wibowo.




H. Achmad Soelaiman imenyampaikan pengalaman bahwa semenjak tahun 1970-an batik Laweyan telah mampu mengekspor produk ke negara lain, Batik Laweyan memiliki potensi untuk pasar internasional khususnya kawasan ASEAN, namun kurang terekspos publik. Batik Puspa kencana telah sejak lama mengirim sarung batik ke negara Malaysia, sedangkan ke negara Amerika berupa kain sarung pantai. Begitu pula Batik Pria Tampan, Batik Putra Laweyan hingga Ruhyani Nur produknya telah dijual ke pasar ASEAN dan Amerika Selatan.
Prof. Dr. Hj. Endang Siti Rahayu, MS menyampaikan bahwa Pemasaran Internasional Batik dari Kampoeng Batik Laweyan merupakan keharusan, karena batik menjadi sala satu produk unggulan Solo yang memiliki nilai strategis dan termasuk industri kreatif. Namun pembeli adalah raja, oleh sebab itu pelayanan terhadap buyer sangat menentukan terhadap kesinambungan ekspor batik. Untuk itu perlu kajian yang lebih mendalam standarisasi produk batik yang memiliki tingkat akses untuk diterima lebih luas di pasar internasional. (MLD/UNIBA/News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar