Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 13 September 2013

UNIBA SURAKARTA TAMBAH DOKTOR BARU



Universitas Islam Batik  (UNIBA) Surakarta menambah satu lagi staff pengajarnya yang bergelar Doktor. Supawi Pawenang SE MM, dosen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta  berhak menyandang gelar doktor setelah melampaui  tahap ujian terbuka  dan Promosi Doktor (Dr) akhir Juli 2013 lalu. Ujian terbuka dan Promosi Doktor (Dr) yang diselenggarakan di Program Studi Islam Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta tersebut di bawah tim penguji  Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A. Dr. H. Muhamad, M,Ag. Drs. Masyhudi Muqorobin, M.Ec., Ph.D., Akt. Dwi Condro Triono, Ph.D.,  Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si, dan Prof. Dt. Abdul Salam Arif, M.A.

Disertasi Supawi Pawenang  yang berjudul Keadilan Ekonomi: Studi atas Bunga Bank  ini diawali dari  perbedaan pendapat di masyarakat dalam memandang status keadilan yang melekat pada Bunga Bank konvensional. Permasalahan ini sengaja diambil untuk mendapatkan jawaban yang lebih memuaskan tentang nilai keadilan yang melekat pada bunga bank konvensional. Terutama keadilan ekonomi, sehingga kedepan ditemukan suatu teori yang dapat merujukkan kedua perbedaan pendapat itu. Teori keadilan Jonh Rawls dan Habermas digunakan sebagai pisau analisis, dengan dipadukan teori-teori keadilan yang digagas oleh ulama-ulama terdahulu, seperti: al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, yang diuraikan berdasarkan tema keadilan, seperti keadilan filosofis, keadilan teologis, keadilan etis, keadilan ekonomi, serta keadilan politik.

Hasil analisis konsep maupun analisis praksis menunjukkan bahwa secara prinsip operasional penerapan bunga bank telah menunjukkan nilai-nilai keadilan. Hanya saja, karena adanya potensi untuk terjadinya riba, maka sifat keadilan yang ada pada ranah penerapannya, menjadi rusak karena zat riba yang dikandungnya. Ini sesuai dengan kaidah fikih yang menjelaskan bahwa meskipun pola transaksi sah, namun jika yang ditransaksikan mengandung zat yang dilarang oleh agama, maka transaksi itu dikatakan fasid.

Dalam acara tersebut berkenan hadir pimpinan UNIBA Surakarta antara lain, Bapak. Rudatyo, SH, MH (PR I UNIBA Surakarta), Bapak. Dr.Drs.H.A. Dardiri Hasyim, SH, MH (PR III UNIBA Surakarta), Ibu. Dra. Hj. Istiatin, SE, MM (Dekan FE UNIBA Surakarta), Bapak. Drs. Burhanudin AY, MM (Sekretaris FE UNIBA Surakarta), Bapak. Suharno, SH, MH (Dekan FH UNIBA Surakarta), Ibu. Dra. Hj.Nurul Hidayah, M.Ag  (Sekretaris FH UNIBA Surakarta), Bapak Dr. H. Bambang Mursito, MM (Sekretaris PPs UNIBA Surakarta) dan dosen dilingkuangan UNIBA Surakarta. (MLD/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar