Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Senin, 03 Februari 2014

Dalem Djimatan adakan Workshop Batik bagi karyawan, dan dosen UNIBA



Laweyan (8/10/13), Jarum jam menunjukkan pukul 12.00 ketika satu persatu karyawan dan dosen di lingkungan Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) Surakarta memasuki regol kuning Dalem Djimatan. Sementara itu Tim Dalem Djimatan telah menyiapkan segala persiapan yang untuk workshop membatik, termasuk logo “UNIBA” sudah siap di pola dikain putih berukuran 35 x 35 cm, dengan posisi ditengah-tengah. Tujuannnya adalah meningkatkan sense of belonging civitas akademika UNIBA Surakarta sekaligus menghasilkan buah tangan sendiri dari dalem djimatan, karena yang membatik itu civitas akademika UNIBA Surakarta.



Tepat pukul 13.00 akhirnya acara dimulai, Acara diawali dengan pembukaan oleh M. Tunahar, M.Si selaku MC, dan dilanjutkan sambutan selamat datang, oleh Bapak. Muladi Wibowo, S.Sos, SE, MM, M.Pd, selaku ketua panitia serta sambutan dari Rektor UNIBA yang disampaikan oleh PR III UNIBA Surakarta, Bapak Dr. Drs.H.A. Dardiri Hasyim, SH. MH.
 Acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang dipimpin langsung oleh tim Perbatikan UNIBA bekerjasama dengan Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL). Tim FPKBL berkenan hadir antara lain sekretaris Bapak Widiarso, Kabid Pariwisata FPKBL M.Syifaul Karim, S.Hum, dan Ketua Bidang Batik Development Center, Riyanto, SH dan tim BDC. Acara diawali dengan penjelasan tahapan-tahapan dalam workshop membatik, yakni membuat tambahan pola pada kain yang dibagian tengahnya sudah ada pola logo UNIBA, menambah motif sesuai kreatifitas peserta, mencanting dan memberikan warna kain.
Acara berakhir kira-kira pukul 17.00, komitmen panitia adalah akan ditindaklanuti dengan pembagian hasil batik yang dilakukan para civitas akademika tersebut akan diberikan setelah proses finishing selesai. Melalui kegiatan  tersebut diharapkan para civitas akademika semakin tahu akan proses batik yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran, sehingga diharapkan akan lebih mudah mempromosikan UNIBA kepada masyarakat luas. Civitas akademik UNIBA juga diharapkan dapat mengambil lebih banyak peran dalam pengembagnan perbatikan. Semoga akan terjalain sinergi semua fihak untuk memajukan dan mengembangkan batik di masa-masa mendatang, sehingga hasil budaya Indonesia yang telah diakui intenasional ini tetap lestari dan memberikan manfaat bagi kita semua. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar