Alamat dan Sekretariat :


Jl. Agus Salim No. 10 Sondakan Laweyan Surakarta Jawa Tengah. Telp. (0271) 714751 Fax (0271) 740160

Jumat, 14 November 2014

FP UNIBA Surakarta selenggarakan Kuliah Dosen Tamu



Mahasiswa Agroteknologi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta pada akhir bulan bulan September 2014 mendapat pencerahan baru dalam bidang pemuliaan tanaman. Kehadiran Bapak Mulyono Herlambang, S.P., M.M. dari CV Multi Global Agrindo Karangpandan, Karanganyar telah membuka mata, pemikiran dan wacana bagi para mahasiswa bahwa dunia pertanian sangatlah luas dan memiliki peluang kerja yang sangat prospektif. Pada kuliah dosen tamu yang menghadirkan Pimpinan CV Multi Global Agrindo tersebut berlangsung cukup menarik dan seru. Mahasiswa antusias mengikuti perkuliahan dan semangat menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan Pemuliaan Tanaman. Kuliah diikuti kurang lebih 30 mahasiswa semester 3.


“Acara seperti ini baru kali ini digelar oleh Fakultas Pertanian UNIBA yang dimaksudkan untuk memperluas pengetahuan dan ilmu para mahasiswa Program Studi Agroteknologi. Acara-acara seperti ini nantinya akan lebih banyak digelar oleh Fakultas dalam rangka meningkatkan kompetensi dan keilmuan mahasiswa,” kata Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Mohamad Ihsan, M.P. Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Fakultas Pertanian UNIBA dan CV Multi Global Agrindo (MGA) yang berisi tentang antara lain kerja sama kemitraan dalam hal pengembangan dan penelitian, transfer informasi, pengabdian kepada masyarakat dan kewirausahaan.

Selain itu, Bapak Mulyono mengatakan bahwa pemuliaan tanaman adalah ilmu “tua” karena pekerjaan seorang pemulia (breeder) adalah mengawinkan atau menyilangkan tanaman yang memiliki sifat-sifat unggul. Seorang pemulia tanaman harus memiliki sedikitnya tiga ilmu penting yaitu iptek genetika, iptek budidaya tanaman, dan iptek seleksi. Beliau mengatakan bahwa CV MGA menggeluti bidang pemuliaan tanaman sejak tahun 1993 yang terdiri atas research and development, produksi dan pemasaran dan sampai saat ini sudah menelurkan kurang lebih 32 varietas unggul tanaman hortikultura, antara lain cabe, timun, pare, terong, melon dan semangka. Bekerja di ranah pemuliaan tanaman memerlukan ketelitian, ketekunan, biaya yang besar, dan “kerja hati”. Kerja hati yang dimaksudkan oleh beliau adalah bahwa seorang breeder harus senang dulu dengan pekerjaan mengawinsilangkan tanaman ini sehingga meskipun biaya yang dikeluarkan untuk suatu riset sangat besar dia tidak akan pernah berputus asa.

Kegiatan pemuliaan tanaman dimulai dengan pengumpulan plasma nutfah. Dikatakan oleh Bapak Mulyono bahwa Indonesia merupakan Negara MEGA BIODIVERSITY. Artinya, keanekaragaman tanaman yang dimiliki Indonesia sangat sangat banyak. Sehingga, dunia pemuliaan tanaman ini tidak akan pernah musnah jika para peneliti, mahasiswa pertanian mau bekerja keras. (M.Ihsan/Heru Wiyono/UNIBA News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar